Senin, 15 Desember 2008

SIMULASI LAPANGAN 1 MATALABIOGAMA (1)

Rangkaian acara menuju pengukuhan anggota matalabiogama berawal dari Diklat ruang 1&2. Dimana peserta diberikan bekal teori yang nantinya berguna saat berada di lapangan. Materi yang didapat yakni seputar leadership-teamwork, jurnalistik lingkungan, Caving, Rock Climbing, Mountaineering, SAR, Survival, PPPK, Fotografi dasar, pengenalan binatang berbahaya dan tidak lupa yang membedakan Matalabiogama dengan kelompok pencinta alam yakni metodologi penelitian.
Hari sabtu tanggal 13 desember 08, para peserta sudah menyiapkan diri dengan daypack berisi survival kit, kaos dan kaos cadangan, air mineral 3 L, senter , tas plastik besar,topi lapangan, helm proyek. Setelah pengecekan barang bawaan kami semua segera melakukan perjalanan ke barbarsari.
Simulasi pertama setelah sampai adalah bagaimana kelompok kami menangani korban cedera yang tidak sadar. Pengecekan terhadap tingkat respon seseorang dilakukan, yang diamati dari korban adalah dia tidak sadar dan hanya bereaksi pada bagian yang rasa sakit. Mulai dari tahap ini kami belajar bagaimana menangani korban yang terluka di lapangan secara cepat sampai mengevakuasi untuk memberikan penanganan lebih lanjut.
Setelah tangan dan kaki korban dibindai, dan bagian kepala ditopang dengan ponco. Kami segera bergerak menuju tempat evakuasi. Disini kami harus melewati selokan yang cukup panjang, dan kelompok kami yang pertama di sesi ini. disini terlihat bahwa koordinasi dan teamwork sangat memegang peranan. Kelompok Galeoserdo segera membagi 2 tugas, menyingkirkan bambu yang menghalangi tim untuk turun ke selokan dan membawa turun korban yang ditandu. Kali ini linda, menjadi korban karena postur tubuh yang kecil.
Segera korban diturunkan, saya mengambil posisi sebagai lead. Yang bertugas untuk memimpin jalan menyusuri selokan dan membuka jalan dengan parang. Disini semua anggota bahu-membahu mencoba memberi tenaga dalam menyusuri selokan yang licin karena ada bebatuan dan lintasannya cukup sulit. Dan dengan kesabaran dan ketenangan kami semua, kami dapat sampai di finish dengan baik. Pada saat naik dari selokan, kak Priska yang menjadi additonal member mengalami keselo.
Kegiatan selanjutnya adalah dimana kami mencoba teknik caving yakni SRT (single Robe Technigue) lintasannya berada tepat dibawah jembatan barbarsari. Teknik ini digunakan untuk menyusuri gua vertikal, Disini diperlukan teknik dan fisik yang prima. Ini dapat diperoleh dengan latihan yang rutin.
Selanjutnya diberikan kesempatan untuk istirahat sejenak, kami segera diberi penjelasan mengenai divisi keilmuan di Matala. Dimana Matala sangat membantu dalam proses penelitian yang dapat digunakan sebagai seminar maupun skripsi. Proyek dosen pun biasa difasilitasi oleh matala, terutama di bidang biospeleologi ato lingkungan di gua. Yang masih belum sepenuhnya tergali dengan baik bahkan oleh orang-orang biologi.
Next kami diarahkan ke tempat simulasi penelusuran gua horisontal, saya memimpin 3 teman yakni Dezty, Linda , Rista. Disini sebagai leader dibutuhkan fisik dan juga care terhadap teman di belakang. Fungsi leader supaya memperhatikan teman-teman yang lain agar tidak hanyut dan dapat sampai dengan selamat. Terowongan saluran pembuangan air yang arusnya cukup deras memberikan pengalaman hampir mendekati gua horisontal.
Untuk info, di setiap sesi ada pemberian 2 porsi. (1 porsi = 10 kali push-up, bisa diganti Sit Up). Total hari itu ada lebih dari 10 porsi. Peserta simulasi lapangan berjumlah 41 orang. Yang dibagi menjadi 6 kelompok. Setelah selesai maka semua peserta dengan istruktur kembali berjalan kaki menuju kampus tercinta di bulaksumur. Sungguh hari yang melelahkan, tapi ada banyak nilai yang diresapi.
Nilai-nilai tersebut adalah care terhadap teman, care terhadap alat karena alat merupakan salah satu elemen penting di lapangan. Hidup atau mati kita bergantung pada alat tersebut, maka alat harus dijaga dengan baik. Tidak boleh dibanting atau diinjak. Rasa solider. nice teamwork buat mas wildan as lead, saya sendiri as vice lead, kak Arien, kak Priska, Dezty, Linda, last but no least Rista.
Simulasi lapangan 2 akan segera dilaksanakan minggu ini,
Vivat et floreat!!!!

2 komentar:

Judhey mengatakan...

Smangad Smangad!!!!

dilli edogawa mengatakan...

Steven kamu hobi juga ya blogging?
hehehehehe
lia blog q dunk,,,,
di dilli-edogawa.blogspot.com
di wordpress juga ada....
hehehehe
wah, yang matala,,,,
habis inian ya? diklat.....