Kreativitas manusia untuk selalu menjadi yang terdepan, karena bila tidak ada kreativitas untuk melakukan suatu terobosan maka kita akan mengalami stagnasi. Manusia yang maju berarti memiliki kreativitas yang tinggi untuk melakukan sesuatu. Bicara tentang kreativitas, kita harus melihat dulu defenisinya, kreativitas dari bahasa inggris creation yang berarti daya cipta. Jadi kreativitas adalah sesuatu usaha yang dikembangkan secara inovatif dalam memunculkan sebuah daya kreasi, imajinasi yang kreatif, menarik sehingga hasilnya akan luar biasa.
Kami akan menampilkan bentuk-bentuk kreativitas dilihat dari segi positif dan negatif. Kreativitas yang dikembangkan secara positif bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan membangun orang lain. Seperti kegiatan lomba di porseni Sman 1 Ambon baru-baru ini, dimana ajang kreativitas siswa diasah pada lomba mading, tari kreasi, stan bazaar terbaik. Semua lomba tersebut mempunyai tujuan positif untuk mengasah daya kreasi tiap siswa-siswi. Contoh lainnya dapat kita lihat aplikasinya setiap hari, penemuan-penemuan yang sangat membantu kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan seperti handphone, komputer, dll.
Kreativitas sekarang sangat dibutuhkan di segala bidang, misalnya di dunia teknologi informasi, sosok hacker. Richard Mansfield dalam bukunya Hacker Attack (Sybex, 2000) mendefinisikan hacker sebagai seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistem operasi dan kode komputer pengaman lainnya, tetapi tidak melakukan tindakan pengrusakan apapun, tidak mencuri uang. Hacker menggunakan kreativitasnya untuk membangun SDM di bidang IT. Daya kreasi juga membantu kita dalam memanfaatkan barang bekas di sekitar kita sehingga menjadi sesuatu yang berguna. Pengembangan ke arah yang lebih maju menuntut setiap orang untuk memiliki kreativitas.
Namun selain ada kreativitas dalam segi positif, ada pula kreativitas dalam segi negatif. Kreativitas yang disalahgunakan akan membuat keresahan dan masalah serta kerugian bagi orang lain, dan cenderung tidak membangun. Contohnya para cracker yang memanfaatkan kreativitas mereka dalam bidang programming untuk mencuri data kartu kredit, membobol sistem jaringan, mengganti tampilan situs. Tindakan mereka sangat merugikan orang lain secara finansial dan moral.
Akhirnya kita mengetahui bahwa kreativitas dapat bertujuan baik dan tidak baik, karena itu sebagai generasi muda penerus bangsa. Marilah terus mengasah kemampuan, menampilkan kreativitas pada setiap usaha dan kerja kita. sehingga kita akan membangun sesuatu yang bernilai positif bagi diri sendiri dan orang lain. Seseorang akan berhasil ketika dia mampu mengeluarkan potensi secara maksimal yang ada dalam dirinya. (ss)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar